Sabtu, 10 Juli 2010

Aqua Regia

Aqua regia (bahasa Latin yang berarti “air kerajaan”) adalah larutan yang dibuat dari percampuran asam klorida pekat dan asam nitrat pekat dengan perbandingan 3:1. Larutan ini bersifat sangat korosif, mengeluarkan uap berwarna kuning. Hanya larutan inilah yang sanggup melarutkan emas dan platina (logam-logam yang paling mulia menurut deret Volta), dimana asam klorida pekat dan asam nitrat pekat secara terpisah tidak berpengaruh pada emas tetapi campuran dari dua asam secara dramatis bereaksi dengan emas oleh karenanyalah disebut sebagai aqua regia atau Air Raja. Tetapi karena sifatnya yang kurang stabil, maka larutan ini baru dibuat jika akan dipakai.

Asap berwarna kuning disebabkan oleh reaksi asam nitrat, HNO3, dengan hidrogen klorida, HCl, untuk membentuk nitrosyl klorida (NOCl), klorin (Cl2) dan air, keduanya klorin dan klorida nitrosyl berwarna kuning dan volatile. Nitrosyl klorida yang selanjutnya terurai menjadi nitrit oksida (NO), dan klorin. Asam nitrat adalah agen oksidator yang kuat (lihat oksidasi dan reduksi), tetapi kesetimbangan kimia untuk reaksi dengan emas, Au, hanya mengijinkan pembentukan jumlah kecil ion Au 3+, sehingga jumlah emas murni yang dilarutkan dalam asam nitrat terdeteksi. Kehadiran ion klorida memungkinkan pembentukan chloraurate stabil ion kompleks, [AuCl] 4 -. Karena tingginya konsentrasi ion klorida dalam aqua regia, Au segera bereaksi setelah terbentuk, menjaga konsentrasi rendah oksidasi ini lebih memungkinkan untuk Au +3, dan emas dibubarkan. Emas juga dapat bereaksi langsung dengan klorin bebas di aqua regia, karena klorin adalah agen oksidator yang sangat kuat.








referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_regia
http://refiningzone.wordpress.com/2010/01/02/komposisi-aqua-regia-beda-beda-lho/

3 komentar:

  1. boleh nanya nggak,
    setelah emas dimasukin ke aqua regia lalu terjadi reaksi

    bagaimana cara mengmbalikan emas tadi?

    kalo tau post di sini atau kirim ke email ane ya:
    sepertimatadewa@gmail.com

    TQ ^_^

    BalasHapus
  2. emasnya gk bs kembali lg, klo mau beli lg az d toko emas
    hehehehheheeeeeeeeee
    kan emasnya udh larut d aqua regianya :)
    bd check videonya di youtube :))

    BalasHapus
  3. emasnya bisa dikembalikan dlm bentuk endapan dgn menggunakan sodium metabisulfate, abis itu baru deh dilebur endapannya, balik lagi deh emasnya :)

    BalasHapus

terima kasih banyak udah mau komen ^^