Senin, 08 Februari 2010

sekelumit kisah karbon

“mungkinkah kau merasakan,, semua yang kurasakan dengarlah kasih,,,,, ku suka dirinya,, mungkin aku sayang,, namun salahkah aku bila ku pendam rasa,, inii….”
alunan lagu di ipod_ku sedang memutar lagu vierra rasa ini…
aku yang mempunyai berbagai bentuk,,, dari yang sangat lunak dan murah(untuk manusia) spt arang,, dan yang paling keras dan berharga spt berlian,,,,,akulah karbon… aku salah satu warga kampung unsure periodic…. tinggal di periode 2 pada kamar 4A
aku sangat mudh berikatan dengn unsure lain,,, bukan karena kemauanku,, tapi itulah nasib,,, karena sifatku yang satu itu aku sering di sebut playboy….
yang paling sering aku ajak kencan adalah oksigen,,, aku dan oksigen biasa membentuk CO2,,, kami biasa keluar dari hasil2 pembakaran,, baik dari pabrik, kendaraan bermotor maupun PLTU… aku dan oksigen (CO2) biasa di panggil karbodioksida… kami,, salah satu penyeban terbesar ‘global warming’… itu juga bukan mau kami… semua Karena manusia.. tak perna memikirkan dampak bahaya kami yang bahkan bisa merubah kedaan bumi seperti sekarang....kami sehrusnya bisa di serap oleh pohon dan menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi mereka… tapi sekarang… pohon saja sudah sangat jarang. seharusnya kami juga bisa di pantulkan kembali ke atmosfer,, itu menjadikan kami tidak terlalu barbahaya,, namun… nasib berkata lain…. pembangunan gedung2 pencakar lagit tinggi dengan kaca2nya,,, penggunaan aspal atau penutup tanah lainnya.. menjadikan kami ‘karbondioksida’ takbisa pergi lagi dan terperangkap di bumi….
bahakan yang lebih parahnya jika aku berikatan dengan oksigen juga tetapi dengan pembakaran tak sempurna…. kami membentuk karbonmonoksida (CO) yang bersifat racun.. yang tidak beracun maupun berwarna…

itulah sekelumit kisahku dengan oksigen….
kini akan ku ceritakan beberapa kisahku yang lain dengan unsure lain…
aku dengan hidogen perna mempunyai hubungan khusus kami membentuk senyawa sangat sederhana yaitu metana(CH4).. kami (metana) tidak berbau dan banyak tersimpan di alam.. jika di tambahkan OH menjadi CH4OH (methanol). Gas metana berasal dari alam seperti kutub-kutub, lautan, lapisan es permanen, permafrost,tanah-tanah yang gembur, serta berasal dari aktivitas manusia. kami “Metana” tersimpan di daerah kutub utara,kutub selatan dengan suhu dibawah 0 C.

aku dan kloridapunn perna bersahabat membentuk karbon tertaklorida (CCl4) kami paling sering di gunakan dalam sinteis kimia organic.. kami dulu di gunakan untuk pemadam api dan refrigator, tapi kini sudah tidak lagi. kami “karbon tetre klorida” juga memberikan efek toksisitas yang berbahaya bagi manusia…

demikian sekelumit kisah kecilku dengan unsure lain…
insyaALLAH akan ku ceritakan yang lainnya nanti….
“ku takakan bisaaa,,, ku taakan bisa,,, melihat dirimu.. bersama dirinyaaa… o wow owhh”
ipod_ku mendendangkan lagu nidji ku tak akan bisaaa….


hallymaahh chantiquee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih banyak udah mau komen ^^