Rabu, 26 Oktober 2011

bahan ajarku-- ikatan kimia (ion)

permisii.. mau share sedikit bahan ajar yang ane buat pas mau maju pembelajaran mikro (*microteaching) kimia SMA,, kebetulan ane dapet kompetensi dasar : Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk. 
dan ini indikatior yang ane buat : Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion
karena cm mikro ticiing, di kasih waktunya cm 20 menitt,, jd ane cm buat 1 indikator deehh..
hihihii

berikut bahan ajarnya.. cekibroott :
hehe



BAHAN AJAR
IKATAN KIMIA
PENDAHULUAN
Manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan orang lain kehidupannya. Dengan saling membutuhkan tersebut manusia membuat sebuah hubungan atau ikatan. Seperti ikatan pernikahan, ikatan persahabatan dan ikatan persaudaraan. Tidak hanya manusia, unsur kimiapun saling berikatan, ikatan tersebut biasa dinamai ikatan kimia. Ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom yang membentuk suatu molekul. Seperti halnya manusia yang berikatan untuk suatu tujuan tertentu, unsur kimia pun berikatan untuk mencapai kestabilannya.
ISI
1.      KESTABILAN UNSUR GAS MULIA
Atom gas mulia (golongan VIII A) merupakan atom-atom yang bersifat stabil. Atom-atom gas mulia bersifat stabil karena kulit terluarnya terisi penuh oleh elektron
Kulit terluar atom-atom gas mulia terisi penuh oleh 2 elektron (untuk He dan bisa disebut duplet) dan 8 elektron (untuk sisanya dan bisa disebut Oktet ).

1.      CARA ATOM LAIN MENCAPAI KESTABILANNYA
Susunan elektron selain gas mulia tidak stabil karena kulit terluar atom-atom tidak terisi penuh. Contoh : kaslium (Ca) mempunya nomer atom 20 jadi,  20Ca mempunyai susunan elektron 2 .8 . 8 . 2, jadi susuan elektronnya adalah sebagai berikut :


atau dengan simbol lewis dapat ditulis dengan : • Ca •

atau contoh lainnya adalah Fluorin (9F) mempunyai susunan elektron 2 . 7, jadi susuan elektronnya adalah sebagai berikut :


Dan untuk mencapai kestabilannya, unsur-unsur kimia lain (selain gas mulia) berusaha mencapai konfigurasi electron gas mulia dengan berikatan. Perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain (serah terima elektron), Atom yang melepaskan elektron akan membentuk ion positif, sedangkan atom yang menerima electron akan berubah menjadi ion negatif, sehingga terjadilah gaya elektrostatik atau tarik-menarik antara kedua ion yang berbeda muatan. Ikatan ini disebut ikatan ion. Pemakaian bersama pasangan elektron oleh dua atom yang bergabung membentuk susunan elektronseperti gas mulia. Cara ini dikenal dengan nama ikatan kovalen.


3.      IKATAN ION

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat adanya serah terima elektron sehingga membentuk ion fositif dan ion negatif yang konfigurasi elektronnya sama dengan gas mulia. Ikatan ion umumnya terjadi antara atom logam yang cenderung melepaskan elektron dengan atom nonlogam yang cenderung menerima elektron. Contohnya, ikatan yang terjadi antara atom Na dan atom Cl.
11Na=  2 . 8 . 1
17Cl= 2 . 8 . 7
Dalam mencapai kestabilannya, atom Na akan melepaskan 1 elektron sehingga membentuk ion fositif Na+, sedangkan atom Cl menerima 1 elektron sehingga membentuk ion negatif Cl-. Na dan Cl akan melakukan serah terima atau perpindahan elektron. Atau dengan struktur lewis bisa digambarkan dengan : Dalam mencapai kestabilannya, atom Na akan melepaskan 1 elektron sehingga membentuk ion fositif Na+, sedangkan atom Cl menerima 1 elektron sehingga membentuk ion negatif Cl-. Na dan Cl akan melakukan serah terima atau perpindahan elektron. Atau dengan struktur lewis bisa digambarkan dengan : 
Dalam mencapai kestabilannya, atom Na akan melepaskan 1 elektron sehingga membentuk ion fositif Na+, sedangkan atom Cl menerima 1 elektron sehingga membentuk ion negatif Cl-. Na dan Cl akan melakukan serah terima atau perpindahan elektron. Atau dengan struktur lewis bisa digambarkan dengan :

KESIMPULAN
Unsur-unsur selain gas mulia cenderung berikatan untuk mencapai kestabilannya. Salah satunya dengan berikatan ion yaitu dengan serah terima elektron. Ikatan ion biasa terjadi antara golongan logam dan non logam. Atom logam yang cenderung melepaskan elektron dengan atom nonlogam yang cenderung menerima elektron.



gimana? nobody perfect,, hmm.. memang blm sempurna.. maklum masi newbie dan masih belajar..
hihihii
yang penting tidak miskonsepsi dan siswa nya mengerti :)
hihihii

2 komentar:

  1. ka' mw nanyaya knapa yah unsur gas kimia bersiifat stabil???

    BalasHapus
    Balasan
    1. di alam, gas mulia (He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn) itu mandirii, tidak berikatan dgn atom lain.. ga kyk halogen, alkali dll..

      selain itu, konfigurasi elektron gas mulia sudah perfect krn elektron valensinya udh penuhh :) itu sii hal utama yg bikin dia stabiil

      mav yaa klo jawabannya kurang memuaskan :). saya jg msh belajar.. hehe salam kenal ^_____^

      Hapus

terima kasih banyak udah mau komen ^^