Jumat, 30 April 2010

Seaborgium

latar belakang
Seaborgium adalah unsur dalam tabel periodik yang termasuk golongan logam transisi. Logam transisi didefinisikan secara tradisional sebagai semua unsur kimia pada blok-d pada tabel periodik, termasuk seng (Zn), kadmium (Cd), dan merkuri (Hg). Ini berarti adalah golongan 3 sampai 12 di tabel periodik.

IUPAC kemudian mendefinisikan logam transisi sebagai semua unsur yang memiliki orbit elektron d yang tidak lengkap atau yang hanya dapat membentuk ion stabil dengan orbit d yang tidak lengkap. Berdasarkan definisi ini ketiga unsur di atas (Zn, Cd, dan Hg) tidak termasuk ke dalam logam transisi.

Berdasarkan definisi tradisional, terdapat 40 unsur yang termasuk logam transisi dengan nomor atom 21 sampai 30, 39 sampai 48, 71 sampai 80, dan 103 sampai 112. Nama "transisi" diperoleh berdasarkan posisi unsur-unsur tersebut di tabel periodik.

Di bawah ini adalah unsur-unsur yang termasuk golongan transisi. Unsur transisi adalah unsur yang dapat menggunakan elektron pada kulit terluar dan kulit pertama terluar untuk berikatan dengan unsur-unsur yang lain.
Sejarah Seaborgium
Seaborgium, unsur 106. Nama lain unsur ini adalah Unnilhexium (Eh), Rutherfordium (Rf), Seaborgium (Sg). Seaborgium pertama kali diproduksi oleh sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Albert Ghiorso bekerja di Lawrence Berkeley Laboratory di Berkeley, California, pada tahun 1974. Mereka menciptakan Seaborgium dengan membombardir atom Californium-249 dengan ion Oksigen-18 dengan menggunakan mesin yang disebut Super-Heavy Ion Linear Accelerator. Benturan atom dihasilkan Seaborgium-263 dan empat neutron bebas. Seaborgium-263 adalah isotop seaborgium dengan paruh sekitar 1 detik.

Tiga bulan sebelum kelompok Berkeley mengumumkan penemuan mereka, sebuah tim ilmuwan yang bekerja di Institut Bersama untuk Penelitian Nuklir di Dubna, Rusia, mengklaim telah menghasilkan seaborgium. Metode mereka yaitu dengan membombardir atom Timah-207 dan memimpin Timah-208 dengan ion Chromium-54 menggunakan alat yang disebut siklotron. Mereka percaya bahwa mereka telah menghasilkan atom Seaborgium-259. Kelompok Berkeley dikonfirmasi pada tahun 1993 dan mereka dinobatkan sebagai penemu Seaborgium.

Nama Seaborgium, dengan simbol kimia "Sg," diumumkan pada hari Minggu, 13 Maret di 207 pertemuan nasional American Chemical Society di San Diego. Pengumuman ini dibuat oleh Kenneth Hulet, pensiunan ahli kimia dari Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) dan salah satu darinya menemukan Seaborgium. Hulet membuat pengumuman sementara menerima Penghargaan ACS Nuklir Kimia untuk hidupnya prestasi di lapangan.

Seaborgium adalah nama terbaru yang akan ditambahkan kepada keluarga unsur "transuranium". Unsur transuranium dapat dibuat dalam akselerator partikel. Seaborgium memiliki paruh kurang dari satu detik. Ini pertama kali dibuat dan diidentifikasi pada 1974 dalam sebuah percobaan yang dilakukan di LBL oleh tim peneliti LBL dan LLNL dipimpin oleh fisikawan Hulet dan LBL Albert Ghiorso.

Menurut kriteria yang diusulkan oleh peneliti ilmu pengetahuan nuklir pada 1970-an, penamaan unsur baru merupakan hak prerogatif penemuan asli tim, namun usulan nama independen harus menunggu konfirmasi dari penemuan.

Seaborgium akhirnya dikukuhkan pada tahun 1993 dalam sebuah percobaan di LBL's 88-Inch siklotron yang dirancang oleh Ken Gregorich, sebuah divisi sesama di LBL's Nuclear Science Division, dan dilaksanakan oleh sebuah tim termasuk fakultas Gregorich dan LBL ilmuwan senior Darleane Hoffman, ditambah doktoral dan mahasiswa dari LBL dan UC Berkeley Departemen Kimia. Konfirmasi diumumkan pada September lalu '93 Aktinida konferensi di Santa Fe, New Mexico.

Nama Seaborgium dipilih untuk menghormati orang yang berbagi Penghargaan Nobel 1951 di bidang kimia dengan mantan Direktur LBL Edwin McMillan untuk "penemuan mereka dalam kimia dari unsur transuranium."

Lahir pada tahun 1912 di Ishpeming, Michigan, Seaborg menerima Ph.D. dalam kimia dari UC Berkeley pada tahun 1937. Ia bergabung dengan UCB fakultas pada tahun 1939 dan menjabat sebagai kanselir 1958-1961. Dari tahun 1961 sampai 1971 ia menjabat sebagai ketua Komisi Energi Atom (pendahulu dari US Department of Energy) di bawah Presiden AS Kennedy, Johnson, dan Nixon. Ia kemudian kembali ke riset di Berkeley, di mana ia terus berlanjut hingga kini dalam mencari elemen-elemen baru dan isotop. Selain tugas-tugasnya di LBL, Seaborg sekarang menjabat sebagai Profesor Universitas (UC posisi akademis tertinggi), dan ketua Lawrence Hall of Science.

Seaborg cukup terkenal karena perannya dalam penemuan plutonium. Ini terjadi pada tahun 1940, ketika Seaborg, McMillan, Joseph Kennedy, dan Arthur Wahl, menggunakan Siklotron 60-inci yang dibangun oleh Ernest Lawrence, dibombardir sampel Uranium dengan deuteron dan ditransmutasikan menjadi Plutonium. Seaborg dan rekan-rekan kerjanya menggunakan penemuan plutonium sebagai batu loncatan untuk penciptaan serangkaian unsur transuranium - amerisium, kurium, berkelium, californium, einsteinium, fermium, mendelevium, nobelium, dan sekarang seaborgium.

Seaborg menampung lebih dari 40 paten, termasuk satu-satunya yang untuk unsur kimia (amerisium dan kurium). Ia adalah penulis banyak buku dan lebih dari 500 artikel ilmiah. Dia telah dianugerahi 50 gelar doktor kehormatan dan diakui sebagai advokat nasional untuk pendidikan sains dan matematika. Pimentel Award Pendidikan Kimia untuk "kontribusinya yang besar terhadap pendidikan warga dunia." Penghargaan ini dinamai untuk LBL dan UCB ACS kimiawan dan mantan presiden yang meninggal pada 1989 setelah karir yang luar biasa dalam penelitian dan pendidikan.

Sifat Fisik
Sebuah logam radioaktif yang tidak terjadi secara alami dan hanya untuk kepentingan penelitian saja. Hanya beberapa atom yang pernah dibuat dan bentuk kimia menyerupai tungsten. Seaborgium adalah unsur yang sangat tidak stabil, dengan setengah kehidupan para isotop yang diukur dalam detik. Ketidakstabilan ini membuat seaborgium mustahil untuk ditemukan di alam, tetapi harus disintesis di laboratorium oleh para peneliti yang akan mempelajarinya. Seperti elemen berat sintetis lain, seaborgium tidak memiliki komersial karena sangat mahal untuk memproduksi dan hidup terlalu pendek untuk menjadi sangat produktif.
Sifat Kimia
Sifat kimia Seaborgium mirip dengan Wolfram. Dikarenakan unsur ini memiliki nomor atom lebih tinggi daripada Uranium, sehingga Seaborgium memiliki sejumlah sifat kimia yaitu ketidakstabilan dan radioaktivitas.

Pembuatan Seaborgium
Seaborgium pertama kali diproduksi oleh sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Albert Ghiorso bekerja di Lawrence Berkeley Laboratory di Berkeley, California, pada tahun 1974. Unsur 106, Seaborgium dibuat dengan reaksi 249Cf(18O,4n)263X (membombardir atom Californium-249 dengan ion oksigen) dengan menggunakan mesin yang disebut Super-Heavy Ion Linear Accelerator. Benturan atom memancarkan alfa menjadi Rutherfordium (Seaborgium), kemudian emisi alfa menjadi Nobelium, dilanjutkan dengan peluruhan alfa antara Seaborgium dan Nobelium. Unsur ini diidentifikasi memiliki energi alfa 9.06 dan 9.25MeV dengan masa paruh waktu sekitar 0.9+/-0.2 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih banyak udah mau komen ^^